Saturday, March 23, 2013

Preview Pra Piala Asia : INDONESIA VS ARAB SAUDI

Hadapi Arab Saudi, Indonesia Berharap pada Patriotisme Pemain
Foto : Tribunnews.com/Dany Permana


Sabtu 23 Maret 2013 pk 19.00 WIB di Gelora Bung Karno berlangsung pertandingan Pra Piala Asia antara Indonesia lawan Arab Saudi. Untuk kali ini ada moment yang sangat istimewa bagi TIMNAS karena para Pemainnya sudah lengkap dipenuhi oleh kedua Liga yang saat ini terpecah yaitu IPL dan ISL. Hal ini berarti TIMNAS sudah lengkap diperkuat oleh seluruh Pemain-pemain terbaik Liga di Indonesia. Beberapa komentar dari para Pengamat tentang kekuatan TIMNAS sekarang hampir semuanya menyatakan rasa optimis dan cukup menjanjikan. Pemain-pemain naturalisasi seperti Sergio van Dijk, Greg Nwokolo, Victor Igbonefo, Rafael Maitimo, Irfan Bachdim adalah kekuatan tersendiri yang dapat mewarnai TIMNAS kali ini. 
Indonesia menurut Rahmad Darmawan kemungkinan akan menurunkan formasi 4-2-3-1 dengan komposisi :
Kurnia Mega (penjaga gawang); 
Empat Back : Zulkifli Syukur, Hamka Hamzah, Victor Igbonefo, Raphael Maitimo; 
Dua Break Midfielder :Ahmad Bustomi, Immanuel Wanggai; 
Tiga offensif Midfielder : Boaz Solossa, Firman Utina, Greg Nwokolo; 
Striker Tunggal : Sergio van Dijk. 

Melihat komposisi ini nampak kekuatan antar lini yang sangat merata. Kiper muda Kurnia Mega sudah cukup teruji  dalam beberapa pertandingan baik di Liga ISL maupun TIMNAS 23. Kiper muda ini sudah menunjukkan kematangannya. Center Back Hamka dan Victor adalah sosok sosok yang tidak kenal menyerah dalam mempertahankan daerahnya untuk menahan laju Penyerang Arab saudi. Mereka dibantu dua back sayap Zulkifli di kanan dan Raphael Maitimo di kiri. Pertarungan yang seru akan terjadi di lapangan tengah dimana breaker kita Ahmad Bustomi dan Imanuel Wanggai akan bertarung dengan para midfielder Arab saudi yang umpan-umpannya sangat akurat. Hal ini yang harus bisa diredam oleh Bustomi dan Wanggai. Sementara itu Firman Utina sebagai jangkar dalam keseimbangan pertahanan dan pemain depan dituntut untuk dapat mengelola bola dan distribusi ke arah sayap kiri Boaz dan arah sayap kanan Greg ataulangsung umpan terobosan ke Sergio. Firman dan Sergio sudah lama dan mengenal gaya permainan satu sama lain karena mereka sama-sama pemain Persib.

Karena persiapan yang sangat singkat dan ditengah-tengah suasana yang tidak kondusif tentang penggantian Pelatih maka memang tidak mudah mengalahkan Arab saudi tapi jika diniati kuat dan tekad untuk menang mengapa tidak INDONESIA bisa mengalahkan Arab Saudi. Saatnya kini Pemain-pemain kita mulai memupuk mental pemenang bukan lagi mental pecundang. Apapun nanti hasilnya kita sudah memulai lagi dari awal untuk kebangkitan TIMNAS di masa depan. Kerangka Tim ini sudah terbentuk tinggal dimatangkan lagi.

MAJU TERUS TIMNAS SAATNYA KINI GARUDA TERBANG TINGGI.

Penulis : Hensa Soenarjo

No comments:

Post a Comment