Thursday, December 26, 2013

VO2 Max Evan Dimas Terbaik di antara Skuat Timnas U-19

VO2 Max Evan Dimas Terbaik di antara Skuat Timnas U-19
Foto : Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM - Timnas U-19 Indonesia sudah menjalani pemusatan latihan (TC) selama dua bulan di Batu. Sampai saat ini, Evan Dimas merupakan pemain dengan kondisi fisik terbaik di skuad Garuda Muda ini.
Sesuai hasil tes fisik terakhir yang dilakukan terhadap semua pemain, kondisi fisik Evan Dimas menempati ranking terbaik. Vo2 max yang dimiliki pemain kelahiran Surabaya 18 tahun lalu ini mencapai 63.
"Itu vo2 max tertinggi pemain Timnas U-23. Pemain lainnya level vo2 max nya masih di bawah Evan Dimas," jelas dr Alfan Nur Asyhar, dokter Timnas U-23 kepada Surya, kemarin.
Menurut Alfan, kondisi vo2 max pemain Timnas U-19 saat perrtama menjalani TC di Batu masih pada rentang 50-55. Setelah menjalani latihan hampir dua bulan di Batu, kondisi fisiknya terus mengalami peningkatan.
"Kondisi fisik anak-anak meningkat bagus sekali. Awal masuk, paling tinggi 55 dan sekarang sudah 63," jelas Alfan.
Dokter lulusan Universitas Isalam Indonesia (UII) DI Yogyakarta itu menerangkan, dirinya akan kembali melakukan tes fisik bagi Evan Dimas dkk pada akhir Desember 2013. Diharapkan hasil tes bisa membuahkan hasil fisik bagus.
"Kami akan lakukan tes lagi sebelum TC tahap kedua di Jogjakarta. Hasil tes akan jadi bahan pertimbangan pelatih menentukan program," cetus Alfan.
Menurut Alfan, jika vo2 max pemain Timnas U-19 mencapai level di atas 60, itu merupakan hasil yang cukup bagus untuk menghadai Piala AFC di Myanmar pada Oktober 2014 nanti.
"Standar pemain internasional, vo2 max pada level 60, itu sudah. Syukur-syukur bisa lebih baik baik lagi. Pemain-pemain di liga Eropa, standar vo2 max nya adalah 60," ucap Alfan.

Laporan Wartawan Surya, Fatkhul Alami




No comments:

Post a Comment